Bridge's News

Sekolah Fashion Design

08 August 2009

Sebelum anda memutuskan dan mencari tempat kuliah jurusan fashion design, sebaiknya Anda memahami terlebihdahulu ruanglingkup fashion design itu sendiri. Menurut wikipedia, fashion design itu adalah sebuah seni penerapan desain dan estetika, atau seni keindahan untuk pakaian dan aksesoris. Para fashion desaigner biasanya bekerja dalam berbagai cara dalam merancang pakaian dan aksesoris tersebut, serta mereka juga harus bisa mengantisipasi perubahan selera konsumen.

Jadi jika anda tertarik dan memutuskan untuk mengambil jurusan fashion design dan belajar menjadi seorang fashion designer, maka pekerjaan utama Anda nantinya adalah mencoba merancang jenis pakaian yang fungsional dan penuh estetika.

Dengan kata lain, anda harus bisa mempertimbangkan siapa yang akan mengenakan pakaian dan dalam situasi apa pakaian tersebut akan dikenakannya. Dalam situasi seperti itu anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengkombinasikan bahan dengan berbagai macam pola, warna, dan style atau gaya masa kini.

Walaupun saat ini seseorang bisa menemukan dengan mudah pakaian yang akan dikenakannya sehari-hari seperti baju untuk dirumah dan baju kerja misalnya, namun untuk jenis pakaian yang tidak biasa seperti untuk acara khusus makan malam atau gaun pesta, beberapa orang menginginkan tampil dengan gaun yang khusus dan berbeda. Maka disinilah tugas Anda sebagai desaigner untuk membuat dan merancang baju untuk mereka.

Ada seseorang yang pernah bertanya, untuk kuliah dan mengambil jurusan fashion designer apakah harus dari jurusan IPA atau IPS ya?

Sebenarnya dari kedua jurusan ini tidak begitu penting karena tergantung bakat dan minat Anda. Cuma biasanya di jurusan IPA anda memperoleh pelajaran yang lebih banyak atau lebih fokus pada hitungan-hitungan dan dituntut ketelitian. nah, kemampuan-kemampuan tersebut (seperti misalnya untuk perhitungan ukuran pakaian yang tepat) akan sangat membantu anda untuk belajar di jurusan fashion design nantinya.

Sementara itu di jurusan IPS anda lebih dituntut untuk mengetahui tentang ekonomi terutama yang berhubungan dengan dunia fashion (biasanya ini dipelajari secara otodidak). Selain itu di jurusan ini anda juga mempelajari sejarah sehingga anda akan bisa memperoleh inspirasi jenis dan style pakaian dari setiap daerah maupun dari perjalanan sejarah.

Jadi kedua jurusan ini (IPA dan IPS) sama-sama memiliki fungsi dan kegunaannya sendiri. jurusan IPA akan menuntun Anda lebih ke hal-hal tekhnis dalam dunia fashion, sementara jurusan IPS akan menuntun Anda dalam hal penemuan ide dan inspirasi.

Tapi anda perlu tahu juga dimana jurusan fashion design ini sepengetahuan saya adalah masuk dalam kategori jurusan yang termahal seperti jurusan kedokteran dan arsitek. Hal ini karena untuk belajar atau menjadi seorang fashion designer, anda juga memerlukan paralatan dan perlengkapan bantu. Dan biasanya peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk belajar fashion design ini biasanya harganya mahal-mahal. Tapi bagi anda yang tidak mengalami masalah atau kendala dalam hal keuangan, maka jurusan ini termasuk jurusan yang sangat menjanjikan dalam hal karir dan masa depan Anda nantinya.

Mandarin Bridge

Boulevard Timur Raya Blok NE 1 No 58

Kelapa Gading - Jakarta Utara

-------------------------------------------------------------------------------------

Metro Park Residence, Tower Milan LG No. 17

Jl. Pilar Mas Raya Kav.28

Kebon Jeruk - Jakarta Barat

---------------------------------------------------------------------------------------

Jl. MGR Sugiyopranoto 25 - Semarang
---------------------------------------------------------------------------------------

Ruko Plaza Graha Famili

Jl. Bukit Darmo Blv. Blok B No. 22

Surabaya - Jawa Timur

---------------------------------------------------------------------------------------

Jl. 14 Februari No.68 Teling Atas

Manado - Sulawesi Utara

---------------------------------------------------------------------------------------

Jl. Raya Tlogomas No.38

Malang - Jawa Timur


PIN BB : -

WhatsApp : -

Kata Mutiara
The will to win,the desire to succeed, the urged to reach your full potential, those are the keys that will unlock the door to potential excellence - Confucius
  • facebook
  • twitter
  • kaskus